Cara Kalibrasi Avometer Analog Paling Mudah

Cara Kalibrasi Avometer Analog memang sangat dibutuhkan untuk menjadikan hasil ukur yang lebih akurat. Dalam hal ini mungkin sering terjadi kendala ketika baterai pada Avometer tersebut mulai lemah atau habis. Maka dari itu, dibutuhkan langkah-langkah sederhana supaya fungsi dari avometer analog tersebut kembali normal. Seperti apa dan bagaimana? Mungkin akan lebih baik jika sobat menyimak artikel ini hingga selesai.

Cara Kalibrasi Avometer Analog Paling Mudah
foto :blitar16.blogspot.com
Sebelum benar-benar beranjak pada tips yang kami sediakan, ada baiknya jika sobat mengenal dan mengetahui terlebih dahulu elemen-elemen yang terdapat pada avometer analog. Menurut yang dilansir dari solusiindustri.com, ada beberapa elemen yang sepatunya sobat pelajari terlebih dahulu. Beberapa diantaranya ialah :
  • Skala Jarum yang merupakan jenis angka yang terdapat pada avometer sehingga para pemakai bisa mengetahui hasil pengujian dengan mudah.
  • Jarum penunjuk yang berfungsi untuk menunjukkan angka hasil dari pengujian rambatan resistor maupun kapasitor.
  • Sekrup Pengatur Jarum yang berperan untuk mengembalikan posisi jarum pada titik 0. Umumnya sekrup ini juga diputar sebelum dilakukan kalibrasi ataupun pengujian.
  • Sektor Pemilih yang menunjukkan angka serta bisa berputar hingga 360 derajat, serta menunjukkan angka arus DC, AC ataupun Ohm.
  • Skala Tegangan DC ditunjuk berupa angka untuk melakukan pengujian terhadap tegangan DC .
  • Skala Arus DC berupa angka yang sering digunakan untuk mengukur arus DC, bisa dipilih sektor sesuai dengan pengujian.
  • Skala Ohm berfungsi untuk digunakan dalam mengukur Ohm dan tidak berbeda dengan skala pengukuran lainnya.
  • Terminal berfungsi sebagai tempat untuk memasukkan kabel berwarna hitam ataupun merah pada avometer.
  • Skala Tegangan AC berfungsi ketika diputar pada sector tegangan AC supaya berfungsi dengan baik.
  • Tombol Pengatur Nol Ohm mempunyai fungsi yang sama dengan sekrup jarum yaitu untuk menggunakan dan memulai pengujian dari titik 0.

Cara Kalibrasi Avometer Analog Paling Mudah

Dengan melihat elemen dan mengetahui beberapa fungsi dan kegunaannya, tentu untuk langkah selanjutnya ialah melakukan proses kalibrasi avometer analog. Seperti apa dan bagaimana? Berikut rincian selengkapnya :
  1. Sebelum menerapkan kalibrasi, jarum penunjuk meter umumnya ada di sisi kiri avometer. Jadi bisa diperiksa terlebih dahulu apakah sudah tepat pada titik 0.
  2. Selanjutnya putar sekrup pengatur hingga jarum pada posisi titik 0.
  3. Pasang jarum probe pada konektor + dan -
  4. Selanjutnya tes dengan menyambungkan probe + dan - supaya terjadi short circuit. Langkah ini akan mengarahkan jarum ke titik 0 kanan avometer.
  5. Pastikan bahwa jarum benar-benar menunjukkan titik 0 secara tepat.
  6. Jika masih kurang atau belum ke titik 0, maka dapat diputar zero adjusment supaya jarum kembali pada titik 0.
  7. Selesai dan avometer sudah siap digunakan kembali.

Sedangkan menurut yang kami lansir dari wikikomponen.com, ada beberapa tips berbeda dengan cara kalibrasi multi tester atau avometer analog. Dalam hal ini ada langkah-langkah awal yang sederhana sebelum melakukan pengkalibrasian. Langkah tersebut diantaranya :
  1. Melakukan penggantian pada Baterai Tester (avometer).
  2. Melakukan pembersihan, mengganti dan melakukan pengencangan kembali pada kontak antara lubang probe dengan tester.
  3. Mengatur ulang posisi ~Ω pada posisi 0.
  4. Melakukan kalibrasi dari posisi pengukuran.
Jika mengamati 4 langkah diatas, dibawah ini kami melapirkan masing rincian dari kelangkapan yang dimaksud. Untuk lebih singkatnya silahkan simak rincian berikut :

1. Mengganti Baterai Tester
Jika baterai mulai lemah, tentu hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja tester khususnya dalam menggerakkan jarum. Maka dari itu, gantilah dengan baterai standar sekali pakai yang dinilai awet dan lebih baik.

2. Melakukan Pembersihan, Penggantian, serta Mengencangkan Kembali Kontak Lubang Probe dan Tester.
Probe yang sudah rusak, tertutup isolasi, lem dan lain sebagainya akan menganggu kinerja pengukuran. Maka dari itu, sudah semestinya dibersihkan atau bisa diganti dengan yang baru. Probe atau jarum test tersebut bisa dibeli secara terpisah pada toko elektronik. Tujuannya ialah untuk menjadikan probe bekerja lebih optimal.

3. Mengatur Ulang Posisi ~Ω ke 0
Posisi yang dimaksud menunjukkan dimana jarum tester tidak bergerak sama sekali. Pada posisi ini umumnya memberikan hasil tidak akurat, sehingga perlu dilakukan penyetelan. Langkah penyetelan bisa dulakukan dengan baut di tengah jarum tester.

4. Melakukan Kalibrasi Posisi Pengukuran
Posisi pengukuran bisa berubah atau tidak akurat jika jarang di setel ulang. Untuk menyeting ulang, gunakan resistor sebagai patokan. Bisa juga menghubungkan probe dengan posisi short. Pada kondisi short ini, maka jarum harus menunjukkan posisi 0. Jika masih tidak tepat, maka harus dilakukan penyetelan.

Dalam hal ini pengaturan kalibrasi avometer analog bisa dilakukan dengan memutar tomol 0 adjustmen yang berada pada sebelah kanan tester.

Nah mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Kalibrasi Avometer Analog Paling Mudah. Semoga bisa membantu.

Contact form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel