Cara Merawat Printer Canon MP287

Cara Merawat Printer Canon MP287 sebenarnya terbilang sangat mudah. Hal ini bisa dilihat dari buku panduan dan juga mencari referensi dari orang yang pernah menggunakannya. Nah sebagai salah satu acuan yang mungkin bisa membantu, pada artikel ini kami akan membahas sedikit tips dan triks untuk merawat printer yang dimaksud lebih awet dan mempunyai umur yang lebih panjang.

Cara Merawat Printer Canon MP287
Jika melihat dari beberapa sumber, Printer Canon Type MP287 ini sudah disertai dengan multifungsi. Hal ini bisa dilihat dari fitur Scan (gambar) Scan Copy (Foto Copy), dan juga melakukan printer file seperti pada umumnya. Nah apa yang menjadi kelebihan dan kelamahan dari printer tersebut? Jika masih terbilang baru mungkin tidak akan jadi masalah, namun bisa saja terjadi kendala jika tidak dilakukan perawatan serta penggunaannya yang salah.

Ada banyak testimoni yang membeberkan bahwa Canon MP287 lebih mudah rusak. Namun hal tersebut bisa terjadi jika tidak berhati-hati dalam penggunaan. Kerusakan bisa dicegah jika printer dirawat dengan baik serta tinta dikontrol secara rutin. Seperti apa dan bagaimana cara merawatnya? Mungkin tips berikut akan berguna bagi anda.

Cara Merawat Printer Canon MP287

Tips ini kami rangkum dari beberapa sumber dan juga dari pengalaman pribadi. Dikarenakan kami pernah bekerja disalah satu warnet, jadi tidak heran jika sering gonta-ganti printer. Hal tersebut karena warnet menerapkan kebijakan, printer rusak tidak usah di service. Sebab sekali printer rusak maka tidak mustahil akan lebih rentan mengalami kerusakan kembali. Kembali pada topik, tips sederhananya ialah :
  1. Letakkan botol tinta infus sejajar dengan printer, umumnya bisa menggunakan double tape agar botol menempel dan tidak mudah mudah berubah ataupun terlepas.
  2. Saat hendak menggunakan printer, usahakan tutup botol kecil pada tabung infus dalam keadaan terbuka. Hal ini bertujuan supaya tinta berjalan normal.
  3. Jika printer tidak sedang dalam penggunaan (didiamkan dalam posisi off), usahakan kedua lubang pada botol tinta ditutup. Hal ini guna menghindari tinte bleber kemana-mana yang ditakutkan akan mengenai logam chip pada catridge. Jika hal tersebut terjadi maka bisa saja akan mengalami konsleting.
  4. Kontrol dan isi tinta secara rutin, buka lubang botol yang besar untuk menyuntikkan tinta. Jika sudah selesai segeralah ditutup kembali. Batas pengisian umumnya tertera pada tabung tinta.
  5. Usahakan menggunakan merk tinta yang dianjurkan dan jangan menggonta-ganti merk. Sebab bisa saja karakteristik, tingkat kekentalan dan kandungan kimia didalamnya berbeda. Resikonya bisa saja membuat catridge cepat rusak.
  6. Jika selang tinta kemasukan angin, maka lakukan deep cleaning hingga udara atau angin tersebut benar-benar habis. Hindari mengangkat botol tinta lebih tinggi dari printer, karena hal tersebut akan membuat printer kebanjiran tinta.
  7. Usahakan menyalakan printer setiap hari dan melakukan minimal 1 lembar pencetakan. Hal ini berguna untuk mencegah keringnya tinta pada catridge.
  8. Jika terpaksa mencetak dalam jumlah banyak, usahakan printer di istirahatkan setiap 25 hingga 30 lembar pencetakan. Tujuannya ialah supaya catridge tidak panas atau overheat dan mencegah kerusakan.
  9. Jika terjadi eror, umumnya printer Canon MP287 ini mengalami error E4, Error E6, blink 4x (lampu kuning berkedip),  Error E13, dan Error E16. Maka untuk memperbaikinya cukup dengan menekan tombol Resume selama kurang lebih 10 detik. Tekan dan tahan tombol Resume hingga lampu kuning tidak berkedip.
Selain beberapa tips diatas, usahakan printer berada pada bidang datar (gunakan meja yang rata). Serta ditutup kain jika sedang tidak digunakan. Hal tersebut berguna untuk mencegah printer kemasukan debu.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan. Semoga Cara Merawat Printer Canon MP287 ini bisa berguna bagi orang banyak.

Contact form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel