Cara Mengukur Ampere Trafo Paling Mudah

Cara Mengukur Ampere Trafo ini kami buat karena begitu banyak pencarian dengan kata kunci serupa. Namun intinya tetap pada tutorial untuk mengetahui ukuran ampere pada travo. Nah beberapa diantara dari pertanyaan tersebut mencakup cara mengukur ampare trafo dengan multimeter digital, cara cek amper travo dengan avometer digital, cara mengkur trafo dengan multimeter digital, cara mengetahui primer dan sekunder trafo, cara cek trafo ct, cara mengetahui voltase trafo, dan masih banyak lagi yang lainya.

Cara Mengukur Ampere Trafo Paling Mudah

Dari sekian banyaknya kata kunci tersebut, akhirnya memancing kami untuk merangkum informasi sekiranya bisa membantu untuk sobat semua. Maka dari itu, ada baiknya jika menyimak artikel ini hingga selesai supaya pengetahuan yang diperoleh tidak setengah, setengah.

Dilansir dari belajarelektronika.net, untuk melakukan pengukuran pada trafo, ada beberapa teknik yang bisa sobat gunakan. Dan semuanya bisa diterapkan sesuai dengan apa yang dikehendaki atau cara yang memang dinilai paling mudah. Namun tujuannya dari berbagai cara tersebut tetaplah sama yaitu untuk mengetahui apakah trafo yang dimaksud masih bisa dipakai atau memang sudah dniyatakan rusak. Sedangkan manfaat yang lain ialah untuk mengetahui nilai dari tegangan (volt) serta arus (ampere).

Sudah kita ketahui bahwa pada sebuah trafo terdapat tiga bagian yang terbilang pokok. Beberapa diantaranya mencakup kumparan primer,  kumparan sekunder, dan juga inti. Namun adapula jenis trafo yang memang menyatukan kumparan primer dan skunder, sehingga tergantung dari pembuat atau produsen. Sedangkan hal terpenting ialah antara kumparan primer, sekunder, dan inti tidak boleh terhubung secara langsung. Karena bisa saja menyebabkan konsleting.

Cara Mengukur Ampere Trafo Paling Mudah

Cara pengukuran ini bisa diterapkan pada multitester analog maupun digital, jadi cukup jalankan langkah step by step untuk eksekusi. Simak baik-baik ya!
  • Pertama sobat harus menyiapkan trafo yang akan di ukur dan juga trafo (baik itu analog ataupun dgital).
  • Agar hasil yang diperoleh lebih akurat, ada baiknya jika dilakukan kalibrasi terlebih dahulu. Jika belum paham, silahkan baca : Cara Kalibrasi Avometer Analog. Jika sobat menggunakan avometer (multitester) digital, maka langkah ini bisa di skip.
  • Selanjutnya putar (arahkan) selektor pada skala ohm x1 atau ohm x10
  • Sambungkan probe dengan kabel hitam (warna hitam) pada tap 0, sedangkan probe merah pada tap primer (110 atau 220).
  • Cek tampilan serta dipastikan bahwa jarum menunjukkan angka tertentu, sebagai contoh 100 ohm atau yang lainnya.
  • Jika semakin besar trafo, maka nilai (jumlah) hambatan yang ditampilkan akan semakin kecil.
  • Apabila jarum pada avometer (multitester) tidak bergerak sama sekali, maka sudah bisa dipastikan bahwa trafo sudah rusak.
  • Maka selanjutnya probe hitam dihubungkan pada tap 0 dan probe merah dengan tap sekunder (6v ,9v ,12v, dll)
  • Cermati display (tampilan), jika jarum menunjukkan nilai lima hingga 20 ohm, maka trafo masih normal.
  • Jika jarum tidak bergerak sama sekali, dipastikan bahwa trafo sudah rusak.
  • Cara mengecek kebocoran pada trafo, hubungkan salah satu probe dengan badan besi (inti besi), sedangkan probe yang lain pada kumparan primer atau sekunder.
  • Apabila trafo masih dalam kondisi baik, maka jarum akan bergerak, dan bila jarum tidak bergerak, maka trafo sudah bocor.
Cara diatas kami sadur dari satu sumber, sedangkan dari sumber yang lain, langkah yang perlu diterapkan lebih singkat dan mudah. Jika masih belum paham dengan langkah-langkah diatas, maka tidak ada salahnya menggunakan tutorial singkat dibawah ini!

Tahap-Tahap Pengukuran Ampere Trafo :
  1. Setel posisi tang pada kondisi yang dikehendaki. Semua tergantung dengan tang ampere yang sobat miliki.
  2. Alirkan listrik pada trafo yang sudah dipasang beban.
  3. Jepitkan tang amper pada salah satu kabel output, misal pada 0 atau 15 volt.
  4. Periksa angka yang muncul pada tang amper, maka angka tersebutlah yang sedang ditarik saat itu.
Sebenarnya cara-cara diatas sangat sederhana jika sobat mempunyai alat dan bahannya. Semua tinggal praktek sehingga tidak hanya sekedar membaca saja. Bagaimana? Apa masih kurang? Mungkin beberapa artikel yang pernah kami tulis sebelum bisa membantu, silahkan cek pada postingan terkait dibawah.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Cara Mengukur Ampere Trafo Paling Mudah. Semoga bisa membantu dan berguna bagi sobat yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih.

Contact form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel