Tips Memilih Gamepad Android Terbaik

Tips Memilih Gamepad Android Terbaik ini sebenarnya kami rangkum dari beberapa sumber. Hal tersebut berdasar dari pengalaman, testimoni, dan juga komentar dari sejumlah pengguna yang sudah merasakan sendiri bagaimana tentang penggunaan gamepad tersebut. Nah sebagai penyampai informasi, maka pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk menjabarkan semuanya untuk sobat semua. Simak sampai selesai ya!

Tips Memilih Gamepad Android Terbaik

Seperti yang diketahui, saat ini bermain game merupakan suatu tren yang tidak bisa dihindari. Tidak terkecuali juga game yang dimainkan melalui perangkat mobile. Dalam hal ini, ada begitu banyak pihak developer (pengembang) game yang semakin gencar meluncurkan permainan yang diminati oleh banyak orang. Dari beberapa game tersebut, adapula yang membutuhkan gamepad (game controller) untuk bisa memaksimalkan performa permainan. Akan tetapi masalahnya, ada banyak yang yang belum paham terkait dengan tips memilih gamepad yang baik seperti apa.

Jika hanya sebagai referensi, atau sekedar ingin menambah wawasan, maka dibawah ini kami menyediakan tips yang bisa juga dibilang sebagai panduan untuk memperoleh gamepad terbaik. Dalam hal ini, setidaknya ada tiga kolom yang fungsi dan kegunaannya dikelompokkan pada kolom masing-masing. Sebagai tujuan, agar anda lebih paham dan lebih mudah dalam menangkap semua keterangan yang kami berikan.

Tips Memilih Gamepad Android Terbaik

Seperti yang kami jelaskan diatas, tiga kolom yang dimaksud terbagi dalam tingkat kenyamanan, fleksibilitas, dan juga fitur tambahan yang disematkan. Untuk lebih lengkapnya bisa sobat simak pada rincian dibawah ini.

1. Kenyamanan

Meski setiap individu mempunyai tingkat penilaian yang berbeda. Akan tetapi, kenyamanan dalam menggenggam gamepad Android merupakan hal yang utama untuk diperhatikan. Hal tersebut juga berpengaruh pada bentuk atau merek gamepad. Sebagus atau semahal apapun gamepad tersebut, jika tidak nyaman digenggam, tentunya sangatlah percuma. Terkait dengan kenyamanan, terdapat dua hal yang menjadi pembeda. Yakni mengenai grip dan juga posisi dari tombil navigasi.
  • Grip : Berdasar dari beberapa survey, kebanyakan dari gamer yang menggunakan gamepad mempunyai durasi setidaknya 30 menit hingga 2 jam dalam sekali main. Selama durasi tersebut, grip dari gamepad tentunya menjadi kunci. Sedangkan untuk memilih gamepad terbaik, tentunya harus disesuaikan dengan setiap jari pengguna masing-masing. Bisa dicoba ketika dipegang, apakah posisi jari pada setiap sisi gamepad terasa nyaman. Tidak perlu harga yang mahal, atau merek yang terkenal, yang penting sobat merasa nyaman ketika menggunakannya.
  • Posisi Tombol Navigasi : Perlu diketahui, setiap dari lekukan gamepad mempunyai fungsi dan manfaat yang terkadang tidak disadari oleh pengguna. Dalam hal ini terdapat dua layout gamepad yang populer. Yakni layout gamepad seperti playstation dan juga gamepad xBox. Yang menjadi pembeda diantara keduanya ialah posisi tombol navigasinya.
Penjelasan lebih lanjut mengenai "Tombol Navigasi" gamepad ialah tombol D-Pad dan Thumbstick yang mempunyai fungsi untuk menggerakkan karakter dalam game. Apabila layout seperti Playstation, akan menempatkan Thumbstick kriinya pada area bawah D-Pad (sejajar dengan thumbstick kanan). Sedangkan untuk layout gamepad XBox, menempatkan thumbstick kirinya pada atas D-Pad. Mayoritas gamepad yang beradar di pasaran saat ini menerapkan kedua layout tersebut.

Layout gamepad mana yang harusnya dipilih? Sebelum menuju pada jawaban, tentu harus dilihat dulu game favorit yang sering sobat mainkan. Apabila game lebih sering menggunakan D-pad, sangat disarankan untuk menggunkan layout gamepad Playstation. Hal tersebut dikarenakan posisi d-pad berada pada atas thumbstick. Begitupun sebaliknya, jika game sering menggunakan thumbstick, maka akan lebih baik jika menggunakan layout gamepad Xbox. Hal tersebut dikarenakan thumbstick berada di atas d-pad.

Kenapa harus demikian? hal tersebut lantaran posisi tombol navigasi lebih tepat dan nyaman ketika digunakan. Pasalnya jempol kiri tidak perlu sering menekuk dan membuat jari kiri lebih bersinergi dengan baik. Khususnya jari telunjuk dan jari tengah pada saat menekan tombol L1 dan L2. Dengan demikian, jika sobat bermain game dengan durasi yang lebih lama, maka tidak cepat capek atau hal lain yang membuat sobat merasa tidak nyaman.

2. Fleksibilitas

Untuk jaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini, sudah sangat lazim bahwa ada begitu banyak platform untuk bisa bermain game. Dalam hal ini, sobat bisa bermain di PC, Steam, Console, atau bahkan sistem operasi android yang ditanamkan pada smartphone yang sekarang ini populer. Dengan melihat begitu banyaknya platform game tersebut, tentu juga membutuhkan gamepad android yang juga mendukung pada beberapa platform.

Jika secara umum, gamepad yang beredar dipasaran saat ini, bisa digunkaan apda dua platform. Yakni android dan sekaligus juga PC (laptop dan komputer). Dengan jumlah platform yang didukung lebih banyak, tentu sobat bisa menjelajahi lebih banyak game. Dan yang menjadi poin penting disini, ialah mengutamakan gamepad yang juga bisa digunakan secara wired dan wireless. Hal tersebut dikarenakan bisa menjadikan pengguna mempunyai lebih banyak opsi konektivitas pada saat bermain.

3. Fitur Tambahan

Gamepad android bisa dikatakan sempurna jika memenuhi dan dibekali dengan fitur tambahan. Dalam hal ini, ada sekitar empat fitur yang menjadi pendukung dan paling sering dimiliki gamepad android. Dengan harga yang relatif murah, tentu gamepad mempunyai fitur vibration (getar), Rapid Fire/Turbo, Baterai Tanam, dan juga Game Remapping.
  • Vibration : Fitur ini akan menjadikan gamepad bergetar pada saat sobat memainkan game yang mendukung getaran. Tentunya fitur ini akan menjadikan sensasi bermain lebih sempurna.
  • Rapid Fire/Turbo : Mode Turbo menjadikan gamers tidak perlu menekan sebuah tombol secara terus-menerus, lantaran dengan hanya sekali tekan sudah bisa menghasilkan beberapa aksi sekaligus. Fitur ini umumnya digunakan untuk game dengan genre fighting, beat, dan game serupa lainnya, tepatnya pada game yang memerlukan kecepatan menekan tombol. Mode turbo akan menjadikan gamers menjadi lebih efisiensi serta menurunkan tingkat kelelahan pada jari.
  • Baterai Tanam : Dianjurkan untuk memilih gamepad yang sudah menggunakan baterai tanam (nonremovable battery). Fungsinya ialah untuk mempermudah dalam pengisian daya pada saat baterai gamepad sudah habis. Jika memang terpaksa untuk membeli gamepad yang menggunakan baterai terpisah, perlu dipastikan bahwa sobat membeli baterai rechargeable battery, tujuannya ialah supaya lebih hemat dan tidak membuat kantong jebol.
  • Game Remapping : Ada beberapa game yang sebenarnya tidak mendukung penggunaan gamepad. Namun hal tersebut masih bisa diatasi, yakni dengan menggunakan tambahan alat bernama Remapper guna memainkan game yang tidak mendukung gamepad. Sehingga game yang tadinya tidak bisa dimainkan menggunakan gamepad, bisa mendukung dan tentunya tanpa perlu melakukan rooting pada ponsel.
Pada dasarnya, semua selera tergantung dengan individu yang kemungkinan mempunyai penilaian berbeda. Akan tetapi, dengan memperhatikan beberapa tips diatas, tentunya bisa mencegah beberapa hal yang mungkin terjadi. Seperti halnya salah beli, salah memilih produk, dan lain sebagainya.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai Tips Memilih Gamepad Android Terbaik. Semoga apa yang kami tulis tersebut bisa membantu bagi sobat yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terim kasih.

Contact form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel