Baterai Laptop Tidak Terdeteksi? Berikut Cara Mengatasinya

Baterai Laptop Tidak Terdeteksi? Masalah ini hanya salah satu dari sekian banyak pertanyaan yang ada dibenak kita. Sedangkan dari sisi lain, pertanyaan yang sering muncul dan banyak dicari ialah status baterai laptop tidak terdeteksi, baterai tanam laptop tidak terdeteksi, penyebab baterai tidak terdeteksi pada laptop. Dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, disini kami akan mencoba untuk memberikan jawaban yang sesuai dengan pengalaman.

Baterai Laptop Tidak Terdeteksi? Barikut Cara Mengatasinya

Dengan masalah atau trouble shooting laptop, terkadang membuat baterai laptop tidak bisa dicharge. Sehingga membuat para pengguna PC merasa bingung. Hal ini bisa terjadi pada merek Laptop atau notebook apa saja. Baik itu Acer, Dell, Asus, Lenovo, HP, dan lain-lainnya. Jadi untuk menyelesaikan masalah tersebut, perlu langkah penanganan yang tepat.

Pertanyaan pertama ialah : Apa penyebab dari baterai laptop tidak terdeteksi? Dalam hal ini ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Salah satunya ialah baterai rusak, atau memang sebagian komponen pada mainboard laptop (PC) sudah rusak. Cara sederhana untuk mengatasinya ialah :
  • Jika baterai rusak, maka harus diganti dengan baterai yang baru. Tujuannya ialah supaya masalah bisa terselesaikan. (bisa diganti sendiri jika bukan baterai tanam).
  • Baterai baru namun masih tetap bermasalah, maka ada kemungkinan terdapat masalah pada BIOS atau komponen seperti yang sudah kami sebutkan diatas. Untuk tingkat ini, akan lebih baik jika dibawa ke tukang servis.

Baterai Laptop Tidak Terdeteksi? Berikut Cara Mengatasinya

Bagaimana cara mengatasi baterai laptop yang tidak terdeteksi? Jika menyimak dari beberapa sumber yang ada di internet, ada tiga cara sederhana yang bisa anda terapkan. Beberapa diantaranya ialah hard reset, reset bios, dan juga update bios.

1. Hard Reset
Langkah ini ialah dengan menghapus semua informasi hardware yang disimpan pada memori serta memaksa Windows untuk melakukan scan ulang secara lengkap dari sistem. Termasuk juga dari sisi baterai. Untuk langkah-langkahnya ialah : (cara ini bisa dilakukan pada laptop/notebook dengan baterai removable / bisa dilepas).
  • Matikan laptop / notebook (pastikan dalam keadaan mati/tidak menyala).
  • Cabut sambungan adaptor (charger) serta beberapa aksesoris lain yang masih terhubung dengan perangkat.
  • Keluarkan baterai (cabut) baterai dari notebook.
  • Tekan dan tahan tombol daya (tombol power) selama kurang lebih 15 hingga 20 detik. Tujuannya ialah untuk menguras sisa muatan listrik pada kapasitor.
  • Masukkan kembali baterai dan pasang adaptor ke notebook.
  • Coba nyalakan laptop dengan menekan tombol power
  • Gunakan tombol panah untuk memilih (menyorot) "Start Windows Normally" dan tekan enter.

2. Reset Bios Default
Langkah ini bertujuan untuk mengatur ulang BIOS serta menghilangkan permasalahan yang ada padan setting. Intinya settingan BIOS akan kembali pada normal seperti halnya baru dipakai. Untuk tata caranya ialah :
  • Laptop dalam keadaan mati, tekan tombol power untuk menghidupkan. Bertepatan dengan tampilan logo (merek notebook), tekan tombol f10 atau f2 untuk masuk pada menu BIOS. (umumnya setiap merek mempunyai softkey yang berbeda), jika tidak masuk pada bios, maka coba nyalakan matikan dan nyalakan ulang, selanjutnya coba tekan tombol f10 atau f2 bersamaan denga Fn.
  • Cari dan pilih opsi untuk mengembalikan settingan BIOS. Untuk bisa mengoperasikan menu pada BIOS, gunakan tombol panah (umumnya ada keterangan fungsi). Coba cari Restre Defaults atau Setup Defaults.
  • Konfirmasi pada pilihan defaults BIOS dan tekan f10 atau tombol lain yang ada pada petunjuk untuk menyimpan.

3. Update Bios
Langkah ini mungkin tidak disarankan, pasalnya bisa saja prosesnya gagal atau menyebabkan fungsi BIOS tidak berjalan normal. Akan lebih baik jika mengontak tukang servis agar penanganan lebih profesional. Akan tetapi jika ingin mencoba sendiri, berikut langkah yang bisa dilakukan.
  • Kunjungi website resmi dari penyedia produk (situs resmi produk)
  • Dan cari BIOS dari type notebook yang terbaru.
  • Ikuti langkah-langkah (cara update) sesuai yang dianjurkan.
  • Aplikasikan BIOS dan restore semua setting defaults.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Baterai Laptop Tidak Terdeteksi? Berikut Cara Mengatasinya. Semoga yang kami tulis ini bisa membantu menyelesaikan masalah yang sedang anda alami.

Contact form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel